Aku dan Maskerku

26 April 2019


Gue yakin banyak dari kalian sudah sering banget ngeliat MUA jaman sekarang itu pada suka banget pake masker, begitu pun gue sendiri ikut melakukan hal tersebut. Kalau langsung dilihat dari logika, ya biar higienis aja, kan MUA kerjanya tatap-tatapan muka sama yang dimakeupin, sambil dimakeupin itu kan suka ngobrol, alangkah senangnya pasti kamu kalau sebagai klien pas lagi ngobrol gak kena cipratan hujan mendadak bukan.

Kalo gue sendiri sih pake masker awalnya males, agak kurang nyaman juga karena kalo pake kacamata malah jadi berembun, cuman, gue punya alasan utama untuk gue mau untuk sebisa mungkin pake terus. Alkisah pada tahun 2011 ketika Vani muda masih unyu-unyunya, ngeleslah dia di sekolah makeup yang pada jamannya terjangkau dan bolehlah buat awal-awal mulai. Disitu harus ambil self makeup class dulu, dan cara pengajarannya adalah, dicontohin guru setengah, kerjain lagi setengah. Nah, pas lagi dikerjain ama guru kan mukanya deket dong, terus gurunya tuh suka makeup sambil ngejelasin. Awalnya semua berjalan lancar, musim hujan ada di bulan September sampai Februari, dan bunga masih bermekaran di musim semi, sampai pada suatu ketika, gue minta di revisi alis abis gue kerjain. Waktu itu sekitar jam 1an, alias selesai jam orang istirahat makan siang. Waktu gurunya balik dan merevisi alis gue yang acakadul sehingga memakan waktu yang lama itu, gue bisa tau kalo tadi siang itu dia makan ikan kembung yang udah digoreng seharian, yang mana udah ada bau amis-amisnya. Di saat itulah gue bertekad dalam hati, kalo gue nanti kerja jadi MUA, gue mesti pake masker supaya orang yang gue makeupin tidak merasakan apa yang gue rasakan.

Awalnya tujuan gue itu, tapi kemudian setelah perjalanan gue full time menjadi MUA, gue menemukan bahwasanya kegunaan masker bukan hanya bentuk service kenyamanan dari gue ke klien, tapi juga untuk melindungi gue dari klien. Masih ada hubungannya dengan aroma harum dari mulut, kalo lagi ngerjain photoshoot kan seharian, pasti ada jam makan siang dong, namanya makanan, ada loh salad itu yang pake bawang merah ama bawang bombay mentah tuh, banyak. Dan lu tau sendiri dong kalo abis makan bawang terus belom gosok gigi tuh baunya naujubilah. Tapi aku profesional, gapapah, aku kuat. Kemudian, dengan bekerja aku jadi belajar bahwa, bau bawang itu selain keluar dari mulut, bisa juga keluar dari ketek. Kalau sudah seperti itu aku biasanya aku tahan, kalau udah gak kuat aku bisa dadah dadah.

Ada lagi selain mulut dan ketek, ternyata kepala juga ada yang punya aroma khas tersendiri. Biasanya yang emang suka gak keramas sampe berhari-hari atau yang abis pake hairspray apa gatau paginya, terus baru minta didandanin sore. Tau-tau pas disisir keluar bau semerbak yang kekuatannya begitu dahsyat selayaknya cabe yang lagi digoreng, aku sampai terbatuk-batuk hingga tersedak dibuatnya. Atau kalo gak pas lagi makeupin suka juga ada hairspray nyasar dari kepala belakang klien, begitu presisi tembakannya, sampe yang kena itu bukan hanya rambutnya tapi juga muka gue. Rejeki di siang bolong.

Ini sih alasan utama yang sesuai fungsi, ada juga fungsi lainnya biar keliatan kece. Terus sebelum pada komen dan bertanya, gue berharap kalian baca ini. Gue ini pake masker yang lagi hits di kalangan artis Korea, maskernya sih aslinya dari Jepang. Agak mahal gue bilang buat masker karena sebijinya jadi itungannya 50 ribu, tapi dia bisa dicuci jadi ya okelah. Terus bahannya juga lumayan breatheable jadi kalo ngomong suara gak mendem. Cuma belom di test drive buat melakukan kegunaannya di saat-saat seperti yang gue sebutkan di atas.

2 comments:

  1. Birunya uda ga kliatan lagi ya Van di rambut.

    ReplyDelete
  2. Ahahaha, lucu banget cerita dan cara penyampaiannya. Gue ketawa bacanya.

    Tapi memang sesering itu dapat klien yang "bau"?

    Masker bisa dicuci ya? Menarik juga :)

    Thanks udah berbagi cerita
    Sukses untuk pekerjaannya jadi MUA

    ReplyDelete

Thank you for reading my blog, lovelies~
Every single comment you give always makes me smile for the whole day!
Drop your thoughts here and tell me what you think! Tee hee~
Have a nice day! :D