How I Clean My Makeup Brushes

11 April 2017


Gue percaya semua pengguna makeup pasti pada awalnya gak pernah kepikiran buat nyuci kuas, spons, dan segala peralatan lainnya. Pertama kali gue tau kalo aplikator eyeshadow itu bisa dicuci gue terkagum-kagum sendiri, kaya, itu bisa di cuci, men! Abis itu gue keranjingan nyuci spons dan segala kuas makeup yang pelan-pelan gue kumpulin sampai akhirnya gue baca kalau kuas itu paling enggak perlu dicuci seminggu sekali supaya gak ada kuman-kuman yang nyangkut di kuas dan ikut ke usap ke muka gue lagi. Hiii.. Jadilah gue selalu rajin untuk nyuci kuas dan spons yang gue punya, apalagi gue juga kerja jadi makeup artist, sebisa mungkin tiap ganti klien gue mulai dengan kuas bersih terutama untuk kuas yang dipakai untuk produk basah macam foundation, concealer, primer, dll.

Gue bikin post ini selain karena gue mau nunjukin cara gue dengan cepat dan efisien buat nyuci kuas (karena gue ini pemalas jadi semakin cepat semakin baik), juga buat mengingatkan kembali untuk kalian yang masih ada pada fase gue dulu yang belom sadar kalau peralatan makeup itu perlu dicuci dan dibersihkan dengan baik. Macam temen deket gue yang bukan penggila tapi pemakai makeup, kuas bedaknya yaampun udah kaya abis buat perang dunia. Sebatang-batangnya nempel bedak, blush on, foundation kering, dan lain-lain yang tidak bisa disebutkan. Untungnya kulit dia badak, jadi baik-baik saja. Lah kalo yang kulitnya sensitif berabe kan.



Dua poin penting yang harus ada cuma sabun yang memang ditujukan buat nyuci kuas makeup, favorit gue Daiso Sponge Cleanser dan yang satunya lagi tatakan silikon bergerigi buat bener-bener bersihin kuas sampe ke dalem-dalemnya, gue pakai Palmat dari Practk yang bisa dibeli di Sephora Indonesia dengan harga Rp 160.000,-. Practk ini baru launching loh, ditambah harganya sangat terjangkau, cus menuju TKP!

Tatakan silikon kaya gini udah banyak banget di pasaran, tapi gue suka ini karena bentuknya pas banget dengan cara gue nyuci kuas bahkan sebelum gue punya benda ini. Cara gue nyuci kuas adalah:


1. Air setengah mangkuk dicampur dengan Daiso Sponge Cleanser satu kali pencet dari botolnya.


2. Aduk-aduk kuas di dalam mangkuk sampai basah semua



3. Gosok kuas dengan gerakan memutar di telapak tangan


4. Ulangi gerakan nomor 2 & 3 sampai kuas bersih.



5. Bilas dibawah air mengalir sampai tidak bersabun lagi.



Gerakan kunci yang gue suka untuk lakukan itu muter-muter kepala kuas di telapak tangan, nah si Palmat ini bentuk dan ukurannya pas banget masuk di telapak tangan gue dimana gue memang terbiasa untuk melakukan gerakan tersebut. Jadi gue dari pertama coba langsung suka banget karena dia ngasih peningkatan kualitas pada kegiatan yang jadi rutinitas gue.



Dari pemakaian pertama langsung bisa gue pakai tanpa usaha, maksudnya tuh gak perlu membiasakan diri lagi untuk pemakaiannya. Dipakainya nyaman di tangan karena ada kancing yang bisa disesuaikan sama ukuran tangan gue.



Tekstur silikonnya juga ada dua, satu buat kuas yang ukurannya lebih kecil kaya kuas mata gitu, yang satu lagi lebih buat kuas muka yang gede-gede. 



Awalnya sekilas gue mikir kenapa ini bentuknya kok bulet doang, tapi setelah gue pakai berasalah si buletnya ini pas banget waktu ngebersihin kuas dengan gerakan memutar, gak lebih gak kurang.



Kalo yang gamau repot pakai di tangan, Palmat ada suction juga di bagian bawahnya jadi bisa di tempel di permukaan yang licin dan rata, di wastafel, di tembok, di kaca, suka-suka lu dah yang punya acara.



Taraaa.. Bersih deh kuasnya, jemurnya bebas bisa diikat ke tiang dengan kepala kuasnya ngadep bawah atau cara gue, ganjel bagian gagangnya pakai lipstick atau apapun yang bisa dipakai buat ganjel, terus alasin ujung kepala kuasnya pakai tisu kering. Abis kering tinggal disimpan lagi di tempatnya. Ini cara yang gue coba paling cepat dan paling sederhana yang gue suka, ada yang udah pernah coba produk-produk ini juga? Enak kan? :D


8 comments:

  1. hahaaa aku paling males nyuci kuas, makanya punya kuas segambreng, kalau niat baru dicuci, kalau nggak biarin gitu ajah sampai mood datang, pake yang baru, kl udah keabisan stok baru deh terpaksa dicuci.

    http://www.dajourneys.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kadang juga aku abisin dulu stok kuas terus baru mandiin rame-rame, kecuali kuas kesayangan yang harus pake tiap hari pasti seminggu sekali dicuci XD

      Delete
  2. Silikonnya kece banget bentuknya Vani 😍 bisa bikin lebih bersih karena teksturnya macem-macem dan bisa dijepit di tangan gitu jadinya gampang makenya. Kyaaaaaa naksir!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju karena bisa ditaro di telapak tangan itu jadi pas banget. Ditambah yang gue suka, harganya itu terjangkau banget!

      Delete
  3. Hahahha aku juga paling males bersihin inii.. kadang kalau belum sempet di cuci pakai brush atau sponge yang lain.
    Tapi kalau misal cuma punya satu ya rada gimana gitu ya hahhaa

    Eh sama dong, aku dulu juga kagum. Ealah ternyata bisa di cuci, kayak baju aja wkwk

    Btw.. aku sementara masih pake sabun baby buat bersihinnya. Tapi kurang nampol sih, kapan kapan mau nyobain produk yang kamu review ini deh
    *besok cus ke sephora

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kan kirain ya dipake aja gitu sampe akhir jaman, ternyata bisa dicuci haha

      Aku juga dulu pake baby shampo tapi kurang nampol cobain deh dijamin ga nyesel :")

      Delete
  4. Wkekeke..kuas enak nya Mandi bareng bareng aja. Kadang malah kancrit kalau sebiji dua biji mandinya.

    WWW.ulimayang.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ho oh, dikumpulin dulu biar sekalian ribetnya haha

      Delete

Thank you for reading my blog, lovelies~
Every single comment you give always makes me smile for the whole day!
Drop your thoughts here and tell me what you think! Tee hee~
Have a nice day! :D