Being Me in The Best Way Possible

21 June 2016

Di saat gue lagi nonton Grey’s Anatomy ada adegan dimana salah satu karakternya bilang, “It’s different when I’m in here. I like this version of me.”. Di saat itu gue merasa ngerti banget sama apa yang karakter itu omongin. Gue sadar kalau gue lagi ada di posisi yang gak enak, cara ngomong gue berubah. Waktu gue di posisi yang menyenangkan, cara berperilaku gue juga berubah. Mungkin gue orangnya agak bipolar kali ya. Gue bisa happy di satu detik terus langsung bete arah meledak-ledak sedetik kemudian. Gue masih bisa jaga sikap sih di saat gue ada di posisi yang gak enak, dengan cara diem atau pergi. Soalnya gue tau kalo gue tetep berada di sisi gak enak itu pasti bakal keluar kata-kata yang menyakitkan entah disengaja atau tidak. Ya banyakan disengajanya sih, abis gue kalo dibaikin ya bales baik, dijahatin gue bales lebih jahat lagi.
Bukan contoh yang baik memang, tapi buat gue untuk menyadari kesalahan gue itu gue rasa udah satu langkah yang bagus untuk mulai berubah. Kalo gak pernah sadar gak akan pernah berubah kan? Karena gue udah menyadari hal ini, gue pengen banget bisa diri gue versi yang gue suka. Versi diri gue yang paling gue suka itu di saat gue bisa menikmati waktu, menikmati sekarang, menerima kenyataan kalau gak ada hal yang bisa ditebak, hal yang udah dilakukan seribu kali pun. Gue suka di saat gue bisa santai dan gak gugup karena in this state of mind, gue bisa menilai masalah dengan jelas dan logis. Gue suka hal yang logis. Gue suka di saat gue bisa menyampaikan apa yang gue sampaikan dengan nada dan intonasi yang benar sehingga orang yang gue ajak ngomong bisa menerima pendapat gue dengan baik. Gue suka di saat gue bisa dengan tenang ngobrol apa aja tanpa ada rasa takut gak sengaja gak sopan atau menyinggung lawan bicara gue.

Tapi sayang seribu sayang, gue lebih sering gugup, hasilnya pandangan gue jadi sempit dan gue terlalu takut untuk ngomong. Padahal gue seneng banget ngomong. Kalo gak percaya Tanya aja cici gue tuh, yang dulu jaman SMP tiap pulang sekolah gue curhatin segala macem sampe gue lagi cerita seru banget dia siap-siap tidur dan seakan gak inget sama sekali gue ada disitu. Saking bosennya dia dengerin gue ngomong sampe dia pikir suara gue lagi cerita semacam suara motor dan mobil yang lalu lalang di depan rumah. Gak penting dan Cuma numpang lewat.

Keadaan dan kebutuhan hidup yang akhirnya memaksa gue. Tsah. Gak deng, emang guenya aja yang baru ngerasain bahagianya punya temen tuh belakangan ini waktu udah gede, jadi gue mau belajar buat bisa jadi versi diri gue yang gue suka itu. Karena ga ada kan orang yang mau temenan sama orang yang kerjaannya cuma diem, keliatan gak nyaman dan hobinya menghindar. Jadi gue kepikiran ini waktu ngobrol ke nyokap (yang mana juga ternyata masalahnya sama kaya gue. Emang buah jatuh gak jauh dari pohonnya.) Waktu itu nyokap lagi cerita masalah yang menurut dese, itu ribeut pake banget. Terus setelah gue runut-runut, masalah yang dia pusingin itu masih dalam kondisi “kalau”. Kalau begini nanti ini, kalau begitu nanti itu. Terus gue bilang, “Mami apa yang dipusingin sih? Apa yang mami pusingin itu masih kalau. Kan belom tentu kejadian, ngapain pusing?”. Eh berasa kaya lempar bumerang, abis ngomong gitu gue nyadar posisi gue ya sama banget kaya ibu mami.
Setelah momen aktualisasi diri yang baru saja gue lewati itu, gue coba ngomong ke diri gue sendiri tiap kali gue mau ketemu orang dan gue gugup soal ke-gak-tau-an jalan gue, soal bingung mau ngomong apa, soal takut di judge ini itu, gue ngomong ke diri gue sendiri, “Apa yang lu takutin, semuanya cuma what if.”. Kerenan dikit ya kalo ngomong ke diri sendiri pake ada bahasa inggrisnya biar berasa bule. Emang gak serta merta gue langsung, cling gugupnya semua ilang. Gugup itu tetep ada tapi gue jadi lebih tenang untuk ngejalaninnya.

Kalo lu? Kalimat apa yang bisa bikin lu buat maju terus pantang mundur menjalani situasi dan kondisi apapun? Yang pasti maju terus untuk selalu maju ya, jangan yang nggak-nggak lu belain. Lu bisa share kalimat lu dan tunjukin kalo gak ada alesan yang bisa bikin lu patah arang. Bagiin ke semua orang kalimat andalan lu di twitter dan instagram dengan dibarengin hashtag #ChooseYourPMS. A simple yet effective powerful message to yourself, yang bikin segala halangan jadi tantangan. Ini kontes yang diadain sama tak lain tak bukan, Female Daily yang berlangsung dari tanggal 27 Mei – 27 Juni 2016 dengan hadiah yang berguna banget nih buat blogger/vlogger/cewe narsis pada umumnya. Ada kamera Samsung NX3000 dan shopping voucher sampe puluhan juta rupiah! Buat lebih jelasnya bisa ke pms.femaledaily.com . Yoklah bergandeng tangan bersama saling mendukung dan berbagi kalimat penyemangat sambil berdoa, “Semoga gue yang menang…”.


5 comments:

  1. Buka link-nya https://pms.femaledaily.com kok gak bisa yaa? sedih. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eiya kok aku coba barusan ga bisa yaa.. Tar aku coba tanyain mungkin aku ada salah tuliss

      Delete
  2. Gw juga sangat mudah terpengaruh pendapat orang lain. Gw takut orang lain berpikir buruk tentang gw. Dan saat seperti itu gw akan bilang ke diri gw "Nggak peduli loe ngapain, akan tetap ada orang yang nggak suka sama loe. Dan orang itu nggak penting, jadi nggak penting dia bilang apa" hehehe

    Always love your post Vaniiiiii...

    Jean Milka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aaaa samaa jeannn, jadi kaku gitu ga sih kitanya kalo kepikiran gitu terus. Akhirnya dah sabodo teuing ajalah idup jalan terus, sayang kalo ga dinikmatin haha

      Thank youu jeaann, it means so much for mee :*

      Delete
  3. Sama banget kak, bahkan sampek sekarang aku orangnya suka takut kalau ngomongin opini aku. Dan lebih memilih menghindar juga daripada keluar kata" menyakitkan huhuhuhu.
    Tapi, aku masih berusaha buat speak up dan mengusir rasa khawatir aku hehe :') . Liat postingan kak vani jadi termotivasi lagi hehe

    http://inezdivaa.blogspot.co.id

    ReplyDelete

Thank you for reading my blog, lovelies~
Every single comment you give always makes me smile for the whole day!
Drop your thoughts here and tell me what you think! Tee hee~
Have a nice day! :D