A Day In My Life: Day of Heritage

28 March 2016

Buat yang gak tau atau mungkin agak siwer dan gak keliatan, gue ini keturunan Cina. Tapi gue ini bukan Cina yang baik secara gue ngomong bahasanya gak bisa, soalnya bokap nyokap beda bahasa. Iya bahasa Cina ada macem-macemnya juga, kaya bahasa Jawa sama Sunda gitu dah, ada bahasa daerahnya masing-masing. Terus juga gue jarang ke tempat legendaris yang isinya Cina semua, kaya Glodok & Kota, bukannya gak mau, tapi ga ada yang menarik aja rasanya.


Kemarin jumat gue sembayang Ceng Beng, ini tuh sembayang buat ziarah aja ke leluhur gitu (abis baca di google. Dari gue lahir sampe detik gue menulis ini gue baru tau kalo Ceng Beng itu tujuannya buat ziarah. Kasian). Kegiatannya kalo sembayang gitu ya kita bawa makanan, kue, teh, arak, intinya buat menjamu yang sudah meninggal gitu lah. Terus kita bakar hio buat berdoa. Nah, nunggu hio-nya ini abis ya kita ngobrol-ngobrol trending topic di lingkungan keluarga, saling berbagi info soal merk baju di instagram yang bahannya adem dan enak dipakenya, kepo-kepo soal kerjaan orang lain, minta diajarin resep sama yang jago masak, ya ngobrol aja biasa gitu. Karena cici gue baru beli fish eye lens buat di hape gue jadi demen foto-foto soalnya hasilnya jadi bagus dan murah pula harganya cuma 29 ribu! Wow! Dia beli barangnya disini.

Terakhir kita bakar kotak kertas yang isinya ada baju, sepatu, perhiasan, duit, yang semuanya dibuat dari kertas juga. Heran juga sih gue beli duit kertas pake duit asli, mending bakar duitnya aja langsung kan. Tapi ya itulah tradisi yang ngebentuk gue dan gue sukanya ada nilai historikalnya gitu. Kaya kita tetap melakukan hal yang udah dilakukan selama beratus-ratus tahun walaupun jamannya udah berbeda. Kotak ini tujuannya semacam mengirimkan niat baik gitulah. Jadi kita yang masih hidup ini berusaha menyenangkan orang tua/kakek/nenek/sodara yang udah duluan meninggalkan dunia yang fana ini.

Kelar acara lagi di jalan pulang tau-tau mami bilang lagi pengen makan di luar, karena papi mami jaman mudanya mainnya di daerah Kota mulu, gue minta makan yang jarang kita makan. Akhirnya papi ngusulin makan Sue Kiaw yang enak dan legendaris. Tempatnya tipikal tempat makan jadul, seadanya tapi kerasa suasana makan di rumah gitu. Kita pesen Kuo Tieh, Sue Kiaw, sama Bakmi. Sue Kiaw sama Kuo Tieh itu sebenernya barang yang sama, bahasa inggrisnya, dumpling. Cuma bedanya Sue Kiaw itu di rebus, Kuo Tieh itu di goreng, gue sendiri lebih suka Kuo Tieh karena ada garing-garingnya. Karena gue lagi laper-lapernya, gue pesen bakmi juga dan bakminya enak bangett! Recommended banget deh, kalo kesini, cius. Gue gatau alamat lengkapnya tapi bisa liat lokasinya disini.

Sebagai Cina yang gak Cina banget, gue suka ngelakuin hal-hal kaya gini. Soalnya gue ngerasa kalo gue lebih ngerti soal sejarah dan asal muasal kebiasaan gitu jadi kaya lebih paham gitu loh di kepala. Jadi lebih ngerasa contented  (adj. satisfied or showing satisfaction with things as they are. -Sumber). Soalnya gue anaknya terlalu kritis tapi juga agak lemot dalam hal mengenali diri sendiri. Dari kecil gue bingung kaya gini buat apa, sembayang buat apa udah repot, cari parkir susah, gak ada wc yang bersih, panas, gerah, tapi udah gede dan bener-bener baru sekarang jadi ngerti gunanya buat apa. Mungkin karena dulu kan gue peserta doang ga ikut repotnya, cuma jadi bagian komplen aja. Haha. Tahun ini karena gue ikut bantu nyiap-nyiapin dan ngeberesih nyusun makanan dan ngerapihinnya baru jadi berasa gitu. Selalu ngimpi buat keliling dunia dan ngerasain budaya di berbagai tempat, padahal budaya sendiri itu kalo dipelajari dari sudut pandang yang baru itu juga menyenangkan. :D

18 comments:

  1. Di tempat gue (Pontianak), bilangnya ini sembayang kubur. *eh, kayaknya sih*

    ReplyDelete
  2. Makanannya bikin ngiler malem" nih kak wkwk

    http://inezdivaa.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  3. ka vani kok bakmienya menggoda iman ya keliatannya :3

    arfadillah30.blogspot.com

    ReplyDelete
  4. Aduh jadi ketauan deh tangan gw yang super berlemak

    ReplyDelete
  5. Wah ini Kuo Tieh Santung 68, emang lejen.. mantep banget kuotie nya :D Di sebelah2 nya ada gang, namanya Gang Gloria, disitu surganya nasi campur + ada Kopi Es Tak Kie yang hits ituh
    Lah malah jadi ngomongin makanan di Glodok hahahah
    #cinaglodok jadi ngiler kann :'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa enaknya kebangetan, udh makan ampe kekenyangan juga masih pengen makan lagi. Hahaha Iya lain kali mau lebih sering wiskulan di dalem-dalem sono ah, enak banget. Ayok makaann hahaha

      Delete
  6. Di Medan juga gt,ci. Cuman di sini tempat ziarahnya panas bgt,ampe kek meleleh mukaku,wkwkwk...Aku dr kecil juga udh ikt cheng beng,prnh ampe jatuh ke sungai di depan kuburan akong dulu,hihihi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahhaa cindyyy ngapain sampe bisa masuk sungai?? Hahahah kepanasan gitu?? Hahaha aduh ngakak banget nih bisa2nya sampe masuk sungai

      Delete
    2. Sbb,ci. Bukan kepanasan,namanya anak kecil,main" mana sadar ada anak tangga lagi di bawahny,langsung jatuh deh,sungainy dalem banget,serem...Tapi sekarang udah gak ada lagi sungainya(ditutup),kata biksu yang jaga,banyak kejadian anak" jatuh ke sungai tadi,gantinya di seberang udah jadi komplek pemakaman baru,hehehehe...

      Delete
  7. yaah, genk noceng nya ga kepoto yaa? Pengen liat mereka. Hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga ada sarii, poto-potonya pas masih sepi soalnya haha
      Males juga sih motoin mereka -_-;

      Delete
  8. Kalo di Bangka, ceng beng jadi acara wisata tuh. Di Pemakaman Sentosa tiap ceng beng dihias lampion semua. Trus ada juga pas hari puncaknya gurbernur, walikota datang. Ada kayak panggung nya juga, nyanyi lagu mandarin gitu cici.. Seru deh.>_<

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haa enak banget seruu.. disini cuma acara keluarga ajaa

      Delete
  9. Van gue baca blog lo tengah malem gini liat itu bakmi kayak numpuk liur. Sialaann gw jd lapef.. gue di jakarta loh #penting

    ReplyDelete

Thank you for reading my blog, lovelies~
Every single comment you give always makes me smile for the whole day!
Drop your thoughts here and tell me what you think! Tee hee~
Have a nice day! :D