My Skincare Routine

29 December 2015

Banyak orang yang bilang kulit gue itu, ehem, bagus, terus orang-orang itu pasti nanya, "Pake bedak apa?" Menurut gue ini pertanyaan yang agak gak nyambung. Ya emang sih bedak bikin kulit keliatan lebih bagus daripada aslinya, tapi kalo dari dasarnya kulitnya juga gak bagus mau pake bedak atau foundation mahal ya tetep aja hasilnya gak akan bagus. Karena itu hari ini gue mau berbagi soal rutinitas yang gue laksanakan untuk merawat kulit muka ini. 

Nah, kalo buat gue sendiri, gue udah ketemu sama rutinitas yang gue nyaman untuk menjalankan walaupun masih sering malesnya juga sih. Dan oiya kalo untuk layering skincare itu gue pernah baca dimana gitu, pake mulai dari yang teksturnya paling encer sampe yang paling kentel. Logikanya sih yang encer itu kan lebih cepet keserep sama kulit, kalo yang tebel dipake duluan nanti yang encernya malah cuma kaya nebeng doang, jadi gak guna deh buat kulit kita. Gue gatau ini bener apa engga secara medisnya, tapi menurut hati gue ini adalah hal yang benar. Jadi, ikutilah kata hati kalian masing-masing, sodara-sodari.


Ini sih yang di bawah ini secara garis besarnya aja yang sering gue lakukan. Tapi pada kenyataannya kadang di pagi gue juga pake eye cream/acne care, bisa juga malemnya gue lupa. Suka-suka mood gue aja sih di saat itu, Ya maklumlah namanya hidup, gak ada yang abadi.

Buat pilihan produknya gue masih banyak gonta-ganti karena gue orangnya super penasaran. Di bawah ini gue masukin produk yang lagi gue pake sekarang dan apa yang mau gue ambil dari produk itu. Kebanyakan sih initinya hydrating, moisturizing, sama whitening. Bukannya gue mau jadi Michael Jackson gitu bukan, tapi tangan dan muka gue itu belang sama badan akibat dulu jaman SMA gak pernah pake sunscreen dan ikut ekskul paskib. Jadi gue agak terobsesi sama produk yang bisa memutihkan tapi yang masih wajar gitu lah. Kalo kekencengan obatnya takut rusak kulitnya. 

Terus jenis kulit gue itu berminyak tapi dehidrasi, jadi gue lebih milih produk yang bisa mengembalikan kekenyalan dan kehalusan kulit gue. Soalnya kulit berminyak itu gak sama dengan kulit yang sehat. Katanya sih, muka minyakan itu karena kan tubuh kita merasa kalau kulit kita kering, makanya dia keluarin minyak yang banyak buat mengatasi itu, tapi minyak itu gak bisa mengembalikan kekenyalan kulit kita sayangnya. Semakin kita nutrisi kulit kita dengan produk yang bisa melembabkan si kulit, lama kelamaan kulit kita gak akan seberminyak itu lagi. Tau bener tau kaga ya, tapi gue lebih mementingkan keadaan kulit gue untuk gak dehidrasi lagi.


Sekarang gue mau share tips yang gue rasa bisa membantu dikala kalian bingung untuk menentukan rutinitas skincare yang baik untuk kulit kalian. Karena pada dasarnya kebutuhan dan keinginan setiap orang itu berbeda, jadi produk yang akan dipake juga pasti berbeda. Berikut poin-poin yang bisa kalian perhatikan untuk mendiagnosa kebutuhan kalian sendiri.


1. Tingkat kemalasan pribadi masing-masing
Ini hal yang paling pertama perlu diperhatikan. Ga usah lah mikir muluk-muluk mau ini itu, pake 10 step skincare ala Korea kalo untuk nyuci muka aja masih males. Harapan ketinggian ini biasanya cuma bertahan hingga 5 kali pemakaian yang diakhiri dengan produk-produk kadaluwarsa yang berserakan. Let's keep it real, people! Kalo emang nyuci muka aja males, coba cari produk yang all in one macam moisturizer yang udah ada SPFnya.


2. Cari tahu kebutuhan kulit anda
Sebagai wanita pasti kita kan sensitif gitu sama kekurangan yang ada di tubuh kita sendiri, apalagi muka. Ya secara kaca itu penemuan paling berguna sepanjang abad setelah kamera depan. Entah itu kusam, jerawat, kering, kasar, berminyak, kemerahan, panu, kutil, pasti ada aja deh yang kita merasa kurang. Hal-hal inilah yang perlu kita perhatikan waktu nyari produk yang diharapkan bisa membantu muka kita ini agar menjadi lebih baik.


3. Cari produk yang sesuai dengan masalah yang dialami
Setelah kalian puas menelaah muka kalian sendiri, coba google ato baca-baca forum untuk mencari produk yang banyak banget dipuja orang, ato istilah kerennya, cult classic. Produk skincare itu kan buanyak buanghet ya, saran gue mulai dari barang yang banyak di rave. Logikanya, barang yang banyak di hype berarti udah banyak yang nyoba kan? Dan setelah banyak orang yang nyoba, mereka bilang produk itu bagus. Berarti resiko kalian gak cocok kan sedikit. Sedikit loh ya, bukan berarti ga ada. Kalo emang gak cocok, cobain aja produk lain. Emang skincare itu semacem tebak-tebak buah manggis. Bisa aja produk yang gue udah cocok banget nget nget, pas beli kesekian kali eh tiba-tiba gak ngefek lagi ato lebih parahnya malah bikin jerawatan.


4. Take one step at a time
Gak ada yang instan di dunia kecuali mi, jadi ada baiknya buat kamu yang baru mau mulai, mulailah pelan-pelan. Dimulai dari pake sunscreen aja, ato toner aja, ato serum aja, ato moisturizer aja. Mulai dari mana aja yang kamu suka. Biasanya begitu ngeliat perubahan yang baik pasti lama-lama jadi penasaran sendiri buat nambah ini itu.


P.S. Banyak yang nanya gue, apa suatu produk akan cocok di kulit mereka atau gak. Gue sebenernya bingung kalo ditanyain kaya gini. Sama gue juga mau bilang, skincare itu pasti cocok-cocokan. Yang cocok di gue belom tentu cocok di kalian, tapi yang gue ga cocok bisa jadi di kalian cocok banget. Jadi berani lah untuk bereksplorasi. Asal kalo udah gak cocok langsung berenti pakenya. Jangan koret-koret bangetlah gitu, mentang-mentang belinya mahal tetep dipake sampe abis gara-gara sayang *ngomong sama kaca*. Gak cocok ya udah kasih orang atau di amalkan ke yang membutuhkan. Nanya ke gue gak akan memberikan pencerahan karena paling yang gue bisa jawab ya hasil pemakaian gue di kulit gue sebagai gambaran. Semua jawaban cocok gak, nimbulin jerawat gak, bisa bikin kulit jadi mengkilap bagai berlian kaya Edward Cullen ato gak, akan gue jawab, "tergantung kulitmu, wahai kisanak".

22 comments:

  1. Cool abis editan gambar postnyaaa!! Seneng deh lihat skincare routine yg isinya kebanyakan produk yg affordable & gak ribet stepnya.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kiyaa makasii nitaa.. iya kalo ribet males sendiri malah hahaha

      Delete
  2. Diantara semua skincare routine yg paling sering bolong adalah eye cream. Dia kan kayak hasilnya ngga keliatan gt jadi males2an pakenya, padahal umur udah ga muda lagi huhuhu.. Btw lo setia banget Van sama Wonder Pore. Entah kenapa gue orangnya bosenan hahaha jadi setelah botol ketiga gue memutuskan mencari yg lain padahal dia ga salah apa2 sih *loh*


    P.S: Join my mini giveaway!

    xx
    Oh Dear Bumblebees

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa si eyecream emang yg paling gak keliatan hasilnya. Tapi gue makenya sambil ngarep dia ampuh menunda nongolnya keriput haha

      Tadinya udah pindah kemana2 gitu gue juga, tapi ujung2nya balik lagi kesini, mitch haha

      Delete
  3. Woaaaa.....first thing first suka banget banget sama editannya berasa lagi baca majalah ciwik ciwik X) terus aku mau nanya nih aku kan juga make maskernya yg zoya itu, kok peel off nya susah banget ya dileketek? Punya kamu gitu juga nggak? Apa akunya yg salah ya caranya --" dulu soalnya pernah make inez peel off mask juga tp nggak sesusah zoya ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasii rahmaaaaa

      Selama aku pake sih engga ya, malah enak gitu gampang. Mungkin kurang tebel kali yaa

      Delete
  4. Aku baru tahu kalo kulit muka berminyak mengira kulitnya justru kering dan butuh kelembaban. Aku mukanya berminyak banget dan tiap pake produk yg melembabkan, minyak jadi tambah banyak. Apa reaksinya emang gitu dulu ya, sebelum mengurangi produksi minyaknya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biisa jadi pelembabnya yg gak cocok kali, ping

      Delete
  5. Yeay, Vani make ponds sama loreal jg. Sama nih, dari ponds mau pindah ke loreal white perfect jg. Udah g remaja lagi soalnya. Enakan mana ponds sama loreal? Breakout g pas ganti? Thank you banget. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belom pernah pake moisturizernya si loreal, tapi suka banget sama ponds yg dewy rose gel soalnya dipakenya enak banget!

      Selama pake yg di atas ini sih ga ada yg bikin breakout untungnya haha

      Delete
  6. Vanii~ madunya uda dicoba beloom? Eh, yg masker-masker peel off diatas itu, ngeleteknya gampang ga? Bikin seneng ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Madu belom sariii.. baru nyobain yg oatmeal ajaa.. yg zoya ngeleteknya gampang, yaa so-solah ya, lumayan bikin kulit alus tapi ga sampe puas banget

      Delete
  7. Kak editannya super. Suka. Banget. Nget. Sampe ga tahan buat komen. Ohya mau tanya dong pake loreal serum white laser efeknya sebagus gimana kak di kakak? Lagi bingung mau beli HL gokyujun essence ato loreal serum white laser ini. Hehe. Xoxo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kiyaaa makasii shafiraaaa <3
      Sesungguhnya pake si loreal white laser itu gak bikin banyak perubahan sih. Cuma enaknya dia moisturizing sama bikim kulit kerasa agak lebih kenyal aja, tapi tetep ngarep kalo dipake terus2an bakal bantu bikin jadi lebih putihh

      Delete
  8. Setuju kaaak. Aku juga baca di mana ya lupa hahaha kalau kulit berminyaknya (berlebihan) itu efek kulit kita keringnya minta ampun.

    Makanya walaupun oily acne prone, aku (skrg) gak lagi lagi pake skincare yang buat kulit oily. Soalnya biasanya ngandung Alkohol dan malah perparah keringnya. #ecurhat

    Btw fotonya bagus kak, tapi kl buka dari hp harus di zoom dulu biar tau gambarnya produk apa. Hahahaha

    ReplyDelete
  9. *Ralat, kak. Dibuka di hp lain fotonya normal. Ternyata emang browser hpku error:")

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaa sehati berati kita yaa, Wid! Aku juga nyarinya lebih ke yang hydrating aja sekarang, yang penting kondisi kulitnya bagus.

      Delete
  10. Hai kak Vani!
    Selama ini selalu jadi silent readers akhirnya punya account and bisa comment! Sumpah ini postingan skin care routine paling keren pake banget!
    Suka banget sama editan fotonya. Kak Vani emang jiwa seni banget ya, aku liat tampilan blognya keren melulu.
    Aku juga pakai rangkaian perawatan jadi Ponds. Syukur cocok ! <3

    Salam kenal ya kak ^^

    sweetexothicchocolate.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haaiii Widyaaaa! Ah senangnya kamu akhirnya komen jugaa disini.. hihi
      Gyaaa.. makasi lhoo aku tersipu2 nih bacanyaa hahaha
      Iya ponds enak rangkaiannya. Yg aku cocok tapi yg flawless white aja, yg lainnya kurang

      Salam kenal juga ya, Wid. Sering2 main ke sini :p

      Delete
  11. Hai kak Vaniii.... Aku seneng deh nemu blognya kakak soalnya nampaknya kulit kita banyak kesamaan. mau nanya dong, klo face wash yang rutinnya kak Vani pake apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku lagi hobi facewashnya Fanbo Precious White sama The Face Shop Fermented Adlay

      Delete
  12. Eye creamnya bisa beli dimana ya? :)))

    ReplyDelete

Thank you for reading my blog, lovelies~
Every single comment you give always makes me smile for the whole day!
Drop your thoughts here and tell me what you think! Tee hee~
Have a nice day! :D