Jalan-jalan sebentar menghindari kepenatan kota Jekardah

05 August 2013

Setelah sekian lama menghabiskan liburan dengan berseluncur di dunia maya, akhirnya gue maksa-maksa mami buat jalan-jalan. Kemana kek gitu, bosen banget choyy di rumah choyy.. Dan akhirnya mami ngajakin jalan-jalan ke Cirebon, Brebes, dan Tegal, soalnya temen mami ada yang tinggal di Brebes, jadi sekalian reunilah bijitu.



Peginya naik keretaaaaa... Yeeeyyy!!! Tapi bodohnya gue malah gak ada poto keretanya sama sekali. -_-
Gue naik Cirebon Ekspress yang jam 5an pagi. Akhirannya di kereta malah banyakan tidur, pas bangun matahari sudah bersinar cerahhh... mihihihi..




Kota tujuan pertama adalah Cirebon. Begitu sampe kita dijemput sama supir dan mobil yang dipinjemin sama temennya mami, ke hotel naro barang dan langsung cus cari makan yang khas daerah. Berubung pas gue dateng pas lagi bulan puasa, jadi banyak tempat makan yang gak bukaaa.. Huhuhu.. Untung yang ini buka. Gue makan Nasi Jamblang Mang Dul. Gue pikir apaan yak, tapi semacem kaya angkringan ato nasi kucing gitu ya, pilih-pilih lauknya sendiri. Tapi rasanya enak dan lucu makannya pake alas daun jati gitu.




Abis makan tur lanjut ke jalan mana dah itu yak gue lupa, isinya sepanjang jalan toko batik. Mulai dari yang harga Jakarta sampe harga daerah ada. Di toko yang di atas ini termasuk yang harga daerah. Gue dapet dress batik lucuukkk to the max cuma 70 ribu aja dong! Gimana gue gak kegirangan! Hahahaa..




Abis capek belanja, makan siang dulu. Karena supirnya juga gak gitu apal daerah Cirebon, jadi nyari tempat makannya juga seketemunya aja. Ini makan di restoran namanya Strawberry. Tempatnya sih bagus, tapi kureeennggg banget rasa makanannya.. Enakan mi instan gitu deh. pfft..




Kelar makan langsung jalan lagi ke Keraton Kasepuhan. Agak sepii keratonnya, mungkin karena udah bukan musim liburan. Itu poto di atas sama mami sama adek gue yang cowo.






Kalo masuk nanti ditemenin sama pemandu gitu. Gue kemaren ditemeninnya ama bapak-bapak udah lumayan tua banget. Udah aki-aki kali ya, ngomongnya suka kecepetan sampe gak kedengeran, tapi yauwislah. Dia menceritakan sejarah keraton itu awalnya begimana, tapi karena gak gitu kedengeran jadi gue manggut-manggut aja pas dia cerita.. ._.



Kalo kereta ini keren banget! Kalo lidah di dalem mulut naganya di gerakin atas-bawah, nanti sayapnya ikut ngepak-ngepak juga depan-belakang! Wiiiiii.... Jadi kalo jaman dulu pas kereta ini dipake ya sambil jalan sambil tuh lidahnya naik turun dan sayapnya ngepak-ngepak. Idih dahsyaaatttt... Padahal ini dibikinnya taun berapa deh gitu udah lama banget sebelom ada mobil di Indonesia. Bahkan sampe ada orang dari jaman sekarang yang mau niruin bikin kereta ini, tapi ga bisa doski.



Kelar muterin keraton kita balik hotel terus bobo cantik dulu sampe malem jam 8-an baru keluar lagi cari makan. Terus makannya empal gentong dong! Menurut gue sihh kuahnya agak kurang kentel dan kurang gurih dikit. Tapi masi oke kok rasanya.



Terus pesen sate kambing juga buat side dishnya. Haha

Abis makan kita balik ke hotel dan sibuk nonton HBO gara-gara di rumah belom pasang TV kabel. T_T

Abis itu pas besokannya kita ke rumah temennya mami buat ketemu dan silahturahmi, abis itu diajak jalan-jalan keliling kota buat beli oleh-oleh. Cuma yang jadi highlight di hari kedua ini adalah waktu makan siang di Warung Swikee Agus!


Tempatnya di pinggir jalan gitu, khas warung pinggiran. Tapi rame! Gue agak kurang ngerti ya, tapi apa emang kalo di daerah gitu kali yah? Soalnya selama gue muter-muter tuh mol ya jarang banget dan tempat hiburannya cuma alun-alun.




Nunggu makanan disini tuh lamaaaa... Dari pesen sampe makanan dateng tuh ada kali sejam, tapi orang-orang tetep aja sabar nungguin. Emang sih yang ngerjain cuma ber3, tapi warungnya juga kan gak gitu gede.. Nah pas nunggu yang ada cuma minuman aja, dan apa yang kalian lihat diatas adalah minuman gue siang itu. Gue gak ngerti lagi itu udah berapa lama ditaro di rak yang keliatan di belakangnya itu. Bahkan pas minum aja sodanya udah gak ada D:

Akhirnya setelah sekian lama makanan pun datang.

Swikee Goreng Tepung

Swikee Goreng Mentega

Swike Kuah Tauco


Rasanya sih so-so untuk yang goreng tepung dan mentega. Kalo yang kuah tauco itu yang bikin enak kuahnya! Kentel gurih gitu. Sambelnya juga enaakkk.. Pedes pedes gurih! Wiii~~

Tapi selama makan disana cuma satu yang bikin gue ilfeel. Bentuknya.


Coba liat! Bentuknya masih terimajikan dengan sempurna gitu kalo itu kodok! Lengkap dengan kepala dan kaki depannya! AAAAKKKKKKK~~~


Gue sih bukan pertama kali juga ya soal urusan makan memakan kodok, tapi biasanya kan yang dimakan paling paha kebawah dimana itu adalah letak daging yang paling banyak dan maknyus, halus, lagi lembut. Lah ini pas disodorin gue udah geli duluan kebayaaannggg kaya makan kodok iduuuppppp :"(

Tapi akhirnya tetep dimakan lah ya secara udah laper ye kan. Hiks.

Sisanya hari itu beli tahu apa gitu yang oleh-oleh khas tegal, gak sempet poto toko dan bentuk si tahunya. Abis itu jalan ke Hotel 2 Tang di daerah wisata Guci. Jadi kalo gak salah Guci itu yah semacam puncak-nya orang Tegal dan sekitarnyalah gitu.



Jadi sepanjang jalan menuju daerah wisata Guci itu ya banyak banget vila-vila dan penginapan. Ini yang termasuk agak geday dan terletak persis di seberang Taman Wisata Gucinya. Duluu gue pernah kesana pas jalan-jalan sama tante gue, tapi pas kali ini kita cuma main di hotelnya aja karena menurut gue enakan disini kalo buat berendem air panas karena udah ditaro didalem kolam renang. Sedangkan yang disananya masi alami gitu diantara bebatuan dan ruame. Ah, aku pusing melihat kerumunan~~



Disini ada yang kamar-kamar hotel ato bisa juga nyewa per villa gini. Kamarnya emang seadanya tapi bersih. Cuma eh cuma, mungkin karena emang udaranya dingin dan lembab, seluruh villa itu baunya bau lumut. Mana gue lagi dapet pas itu, jadi indera penciuman lagi sensitif, mabok bok. Tapi karena udah capek dan ngantuk tetep aja bobonya pulesh. hahahaha..

Enaknya disini, semuanya tumbuhaannn mulu. Segeerrrr.... Lupa sama suasana kantor yang penat dan penuh huru hara perselisihan. Berasa kaya lagi SD dulu kalo lagi liburan sekolah pasti mainnya ke tempat-tempat yang au naturel beginih. :')


Di depan kolam air panas

Di sebelah kolam air panas

Bersama adik dan kakak. Kami, The Sagitas!!

Ini poto pas lagi nungguin sarapan. Pilihannya nasi goreng ato soto. Karena nasi goreng terlalu mainstream akhirnya kita milih soto. Inget, kita ini #hipster #hiduphipster. Dan nunggunya juga lamaaaaaaaaaaaa......... Dan sotonya gak terlalu enak. Tapi yasudahlah yang penting kenyang!


Abis sarapan kita dijemput buat ke rumah temen mami lagi buat diajak makan siang dan keliling-keliling kota sebelom naik kereta jam 4 sore.


Pertama kita ke toko Singer yang jual rujak singer khas Tegal. 


Itu yang pake Baju ungu namanya Tante Meisui, yang menjamu kita dengan sangat baik hati sekali! XD






Ini nih rujaknya. Yang ngebedain dari rujak biasa adalah, rujak ini terdiri dari buah-buahan yang udah dimanisin. Yang khasnya, buah mirip apel kecil-kecil itu yang katanya cuma ada di daerah Tegal. Cuma gue kurang gitu suka buahnya. Agak-agak kayak plum tapi lembek gitu.

Abis itu kita diajak makan siang Sate Kambing!


Sate kambingnya ENAK BANGEETT!!! Dagingnya empuk to the max, bahkan lemaknya pun gak berasa kenyel-kenyel ato menye-menye kaya lemak kambing pada umumnya. Wah dewa banget deh nih satenya! Katanya sih karena kambing yang di pake itu maksimal umur 3 bulan, jadi dagingnya masih empuk kinyis-kinyis. hihihihii.. 




Karena masi ada waktu sebelom keretanya dateng, kita diajak makan lagi. Ini nasi lengko. Isinya nasi, dikasi toge, tahu, ama kerupuk, terus atasnya dikasi kecap manis. Rasanya agak-agak kaya makan ketoprak cumya a bihunnya diganti ama nasi, terus pake kecap doang. Hahahaah..


Udah deh abis itu ke stasiun dan pulang. Hmm.. Kalo diliat-liat lebih kaya wisata kuliner yah gue. Abis pemandangannya mirip-mirip sama kota tua di Jakarta gitu. Cuma emang sih gua akuin kalo tinggal di kota kecil itu enaknya suasananya santai dan gak se hetic di jakarta. Lebih tenanglah kalo idup tuh. Cuma kalo sekarang dengan umur yang masih muda ini kayanya gue gak bakal tahan banget deh. Ga ada mol, bioskop jarang, gak ada tempat main.. Huwah, dasar anak kota! Hahaahaha.. Tapi nanti kalo udah tua dan mau menikmati hidup ya gue bakal pindah ke kota-kota kecil yang tenang gitu. Emang udah pengen sih kaya gitu.. Jadi nanti anak cucu gue bisa punya kampung yang bisa didatengin instead of ngetem di jakarta doang terus. Hahaha..


Syudah segitu ajah pengalamannya muterin Brebes, Cirebon, dan Tegal. Lumayan ngerefresh kepala dan badan dengan menikmati pemandangan alam. Mihihihi,,

Oh dan last but not least, Thank you so much untuk Tante Meisui dan Keluarga yang udah ngajak kita jalan-jalan, minjemin mobil, ngasihin oleh-oleh, and all the best hospitality you gave! XD



BTW, mami sama Tante Meisui itu udah temenan dari SMP loh! Sekarang umurnya udah pada hampir setengah abad masih deket walapun jarang ketemu karena beda kota. Ih serunya.. :3


10 comments:

  1. Sate kambingnya banyak bangeeetttt! :3 Mau jalan-jalann~~Gw pernah ke Yogya pas musim lebaran puasa gitu.Agak ga asik ya kl kuliner pas musim puasa, soalnya banyak yang tutup. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bangeeettt... dan enak banget sariii empuukkkkk.... aaaaaaaaaaa!!!!! XD

      Iya sebel bet gue, mau makan ini itu pada gak buka gara2 bulan puasa, sore2 udah males juga mau muter2 udah capek. Hahahaah

      Delete
  2. Wiii enaknya jalan-jalan
    Aduuh ada swikee >__< Ga tega lihatnya
    Tapi enak sii dulu gua waktu kecil doyan banget eh pas tau itu kodok engga deh pensiun sampe sekarang -__-
    Itu sweaternyaa lucuuk deh yg belang2 ^__^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Samaaaaaa gak tegaaa.. dan geli jugak ngebayangin itu kodok masih uget2.... :s
      Hahahaha..
      Ah makacih... aku juga suka.. :3 :p

      Delete
  3. Huahahaha ngakak pas baca keretanya trus langsung ngebayangin jaman dulu naek kereta naganya mainin lidah hahaha.

    Seru banget holidaynya sai... Mantep dah. KeMagelang nyok, nanti aku ajakin makan swikee juga, gak perlu repot misahin tulangnya. Swikeenya udah siap santap hihihi. maknyoss lhooo :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahh baru sekali ini denger swikee udah dipisahin dari tulangnyaaaaa.... *laperrr*
      Ayok2, nanti kalo aku kesanaa plis ajak akuh pwiiiiissssssss X3

      Delete
    2. Ada donkkkk. Swikenya luaris manis jeng. Udah enak gak perlu pretelin tulangnya satu per satu lagi hahaha.

      Tapi swikenya tutup kalo malem sebelumnya bulan terang wkwkwkw. Swikenya gak ada kali ya buat dimangsa T_T
      Contact aja kalo ke Magelang ya ^_^

      Delete
    3. Oh gue tau! Pas malem abangnya udah mulai hunting lagi di sawah buat nyari swikee!! Hahaahahahah XD

      Siaapp! Nanti pasti langsung namamu yang muncul di benakku saat mendengar kata Magelang.. :3

      Delete
  4. aaa nasi jamblang, selalu penasaran sama makanan ntu >,<
    wiw iya kalo di daerah tempat nongkrong ya alun-alun gitu deh, berasa famous & gahool LOL
    makanya aku milih kuliah di luar kota biar bisa ngemall tiap hari wkwkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cobaiinn deehh kalo pas kesanaa.. seru makannya, pilihannya juga banyaakk.. berasa khas makanan daerah bangettt! Hihihihiii

      Iya yah, tiap kota pasti ada alun2nya yg rame pas malem2, seru juga tapi heng otnya di taman2 gitu yekaann.. hhhahaha.. tapi teteeepp enakan mol, cuci mataaaaaa!!!!! XD

      Delete

Thank you for reading my blog, lovelies~
Every single comment you give always makes me smile for the whole day!
Drop your thoughts here and tell me what you think! Tee hee~
Have a nice day! :D